Senin, 15 Juni 2015

Membersihkan Karang Gigi--membersihkan aib dengan cara aib.

Kemaren saya habis dari dokter gigi, ngebersihin karang, sebenernya agak males juga sih tadinya, tiap kesana dokternya gak ada mulu, tapi saya paksain soalnya udah lama gak pernah jadi. Well, finally saya berangkat dan udah janjian juga sama dokternya, dia cewek, namanya dokter Novita, jadi saya gak malu-malu banget lah kalau nanti buka mulut di depan dia, soalnya karang gigi saya banyak banget gak pernah dibersihin, dulunya waktu kecil jorok sih jarang gosok gigi, akhirnya gigi saya jadi jelek dan saya menyesal sekarang. Saya juga sering gak pede kalo ketawa lebar-lebar takut keliatan ‘emas’nya hehehe.


Tibalah saya di tempat praktek sang dokter, tapi sesampainya disana ternyata dokter Novitanya gak dateng, adanya dokter Adi, cowok, duh saya jadi agak ragu tadinya, sempat berpikir untuk batal aja tapi berhubung saya sudah menunggu sangat lama, jadi sayang kalau gak jadi. Tadinya saya datang kesana pagi, tapi ternyata praktiknya siang jadi saya disuruh balik lagi jam 2an, akhirnya saya jalan-jalan dulu deh di jalanan—fyi, beneran jalan kaki loh ini muter-muter. Eh pas kesana lagi dokter Novitanya malah gak ada.

At last, tibalah giliran saya yang masuk ke ruangan, saya sempat nunggu beberapa menit karena sebelumnya ada pasien lain yang belum kelar. Ketika bukain pintu saya sangat kaget karena ternyata dokternya cakep masih muda :0 padahal saya berharap dokternya udah tua, disitu saya merasa ini adalah awal yang buruk. Masalahnya ini kali pertama saya ke dokter gigi, dan harus buka mulut lebar-lebar di depan orang lain tuh ibaratnya kayak ‘nih liat gigi gua jelek!’ gitu.

Ah sudahlah, saya hanya bisa mencoba untuk menebalkan muka. So far, dokternya ramah sih—mungkin karena dia belum liat betapa parahnya gigi saya, jadi dia masih bisa senyum. Saya membayangkan dia berubah jadi hulk pas nanti dia lihat gigi saya.

Dia ngejelasin perihal tahap-tahap pembersihan karang, ada 4 tahap, entahlah istilahnya apa ya lupa, saking parnonya saya jadi gak fokus dengerin penjelasan doi.
Karena uang saya gak cukup karena ini baru permulaan jadi saya mau 1 tahap dulu aja, saya bilang sisanya nanti saya balik lagi.

Seperti yang sering kita lihat di acara tv atau apa, saya disuruh senderan di tempat yang disebut kursi mirip ranjang, disebut ranjang mirip kursi. Jadi saya sebut itu kursi setengah ranjang.

Dan inilah yang paling saya enggan lakukan, saya disuruh buka mulut, saya diam beberapa detik, duh rasanya pengen kabur aja. Saya takut dokternya ilfil L tapi ya sudahlah, yg akan terjadi terjadilah. Saya yakin banget dalem hati tuh dokter mengumpat-ngumpat. Saya sekarang nulis aja sambil merem-merem, karena masih inget betapa malunya saya waktu itu.

Tapi ternyata itu belum apa-apa, karena yang super memalukan adalah ketika proses skeling berlangsung. Ini serius saya gak berlebihan, air liur saya sampai ngucur-ngucur gitu, baunya aja sampe kecium sama sendiri, kerudung saya basah belepotan, kebayang gak sih gaes? duh Allah hamba malu, ini aib! Ini aib! Hati saya sangat berisik, sepertinya terjadi keributan disana.

Alatnya tuh kayak bor, tapi mini, mungkin bor mini, suaranya berisik ngiung-ngiung, ditambah dengan air liur yang muncrat-muncrat, lengkap sudah.
Rasanya ngilu-ngilu linu gitu, tapi gak terlalu kerasa sih karena yang paling kerasa adalah rasa malunya.
Tapi untungnya cuma beberapa menit, beberapa menit paling menyedihkan yang pernah saya alami, saya langsung permisi sama dokternya, tak lupa mengucapkan terimakasih karena sudi dengan sabar melihat saya dalam kondisi aib seperti itu.


Saya belum tau kapan akan balik lagi kesana, saya masih trauma. Pesan saya, sampaikan pada siapapun anak-anak kecil di rumah kalian, rawatlah gigi dengan baik sejak dini, karena nanti kalau udah gede, semuanya akan berkali-kali lipat lebih memalukan kalau gigi kalian jelek dan harus ke dokter gigi terutama kalau dokter giginya cakep masih muda. Keep clean your teeth!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar